Minggu, 29 Desember 2013

Perkembangan Multimedia

Morgan Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50juta penduduk amerika radio membutuhkan waktu 30 tahun, televisi membutuhkan waktu 13 tahun, TV kabel membutuhkan waktu 10 tahun dan internet membutuhka waktu 5 tahun. Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimedia merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat didunia saat ini. Pada saat itu internet menghubungkan ratusan ribu jaringan berbeda lebih dari 200 negara diseluruh dunia. Lebih daru 400 juta orang bekerja dalam bidang pengetahuan, pendidikan, pemerintahan, dan bisnis menggunakan internet untuk bertukar informasi atau membuat transaksi bisnis dengan organisasi seluruh dunia.

Pada akhir abad 20 hampir dua pertiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer. Hampir seluruh rumah tangga sudah terhubung internet. Sedangkan Indonesia baru sekitar 4 juta orang. Dengan melihat pertumbuhan internet diseluruh dunia, riset dari perusahaan emarketer memperkirakan populasi keseluruhan internet akan meningkat hingga 350 juta pemakai pada tahun 2003, atau meningkat 267% dari 95juta pemakai pada akhir tahun 1998. Pada tahun 2003 juga diperkirakan aplikasi multimedia termasuk virtual reality dan sostem manajemen dokumen akan meningkat secara nyata (turban dkk 2002).

Penggunaan multimedia dibidang pendidikan juga makin meroket. menurut software and Information Industry Association (SIIA) Amerika, sekolah-sekolah k-12 (sjenis TK) menghabiskan 4,8 milyar dollar untuk tekhnology alat peraga di tahun 1998, dengan peningkatan anggaran PC sebesar 20% pertahun (SIIA, 1999).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar