- Teks
Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan informasi dan
pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya teks
dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan
materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan
pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
- Audio
Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi yang
bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima pelajaran
dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk memancing
perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk suasana jadi
hidup.
- Grafis dan Gambar
Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam mengklasifikasi
dan mengidentifikasi objek. Gambar membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi
konkret.
- Animasi
Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit
menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi,
eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami
suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses
pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
- Video
Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan riel dari
suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian
tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila
video disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu menunjukkan dengan jelas suatu langkah
prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar